Tehnologi HDMI dan setting port HDMI cara mengeluarkan suara HDMIatau speaker di perangkat

TV LCD/LED Suara tidak keluar setelah pasang kabel HDMI, bagaimana cara mengatasi masalah ini, berikut ini adalah pengalaman kami memecahkannya, tetapi sebelum bicara lebih dalam sebaiknya anda tahu dulu apa itu HDMI.

Tehnologi HDMI saat ini hampir disematkan pada perangkat elektronik mulai dari komputer, laptop, TV, Player, LCD, HP, PS dan perangkat-perangkat lain. HDMI menurut Wikipedia adalah kepanjangan dari High-Definition Multimedia Interface. Tehnologi HDMI merupakan salah satu antarmuka peralatan audio/video digital tanpa kompresi.  Jika kita cermati pada port HDMI terdapat 19 pin ( 19 kaki ) yang mendukungnya sehingga menghasilkan kwalitas suara dan gambar yang berkualitas saat ini. Kami bilang saat ini karena kemungkinan di masa yang akan datang akan ada tehnologi terbaru yang lebih baik dari HDMI.

Gambar dan bentuk colokan HDMI

Pada postingan kami kali ini adalah kendala kami ketika kami menggunakan LCD dengan kabel HDMI. Pada perangkat yang kami gunakan adalah laptop, LCD, dan 4 buah TV LCD yang terhubung dalam port HDMI. Kami adalah operator multi media di gereja. Semuanya lancar ketika kami mencobanya selama beberapa bulan, dan ketika ada kegiatan yang membutuhkan suara langsung ke sound system baru kami sadari bahwa suara yang kami butuhkan untuk keluar dari laptop tidak ada. Awalnya kami menduga kemungkinan ada masalah pada kabel colokannya, ketika kami cek colokan dengan AVO meter ternyata normal. Tentu saja hal ini membuat kami penasaran dan mencoba setting pada sound dengan mencoba auto device ternyata juga tidak membuahkan hasil. Akhirnya acara yang kami selenggarakan tanpa suara dari sound system, tetapi mengandalkan suara dari TV LCD.


Gambar berbagai jarigan elektronik dengan menggunakan konector HDMI

Keadaan ini membuat kami menjadi penasaran mengapa terjadi demikian, Beberapa hari kemudian kami coba ganti dengan kabel VGA untuk penghubung antara laptop dan LCD dan ternyata suara yang kami harapkan bisa keluar, dan ketika kami kembalikan dengan kabel VGA suara yang kami harapkan muncul melalui laptop tidak keluar.  Akhirnya kami googlig di Mbah Google, ternyata banyak artikel yang membahas masalah yang kami hadapi. Bagaimana cara mengatasi agar suara bisa keluar melalui setinggan kabel HDMI.
Dari googling dan uji coba yang kami lakukan membuahkan hasil, dan karena menurut kami pengalaman kami perlu kami tularkan kepada saudara sekalian maka berikut ini adalah ulasan cara setting mengatasi Suara ( Audio Suara ) Yang Tidak Keluar Saat Menggunakan HDMI.
Berikut adalah cara setting supaya audio / suara dari komputer atau laptop tidak keluar di ke kabel atau jalur HDMI TV tapi keluar melalui port headset, sehingga suara bisa dimasukkan ke mixer. Ada dua cara yang bisa kita lakukan yaitu :
1. Melalui pengaturan pada Control Panel. Begini caranya:
Control Panel ---> pilih Hardware And Sound ---> pilih Sound
Device Sound akan tampil - silahkan klik  Playback
Pada Playback ada beberapa pilihan, jika colokan HDMI atau TV LCD terhubung dengan HDMI pada laptop akan secara otomatis mendeteksinya.
Semisal ada beberapa yang mencul seperti :
  • Digital Display Audio atau HDMI Output
  • Speaker / HP
  • TV controler
  • dll


Anda bisa memilih mana yang mau dibuat muncul suaranya dengan cara klik kanan pada perangkat yang ingin di munculkan.
Jika suara muncul dari TV atau LCD silahkan pilih Digital Display Audio / HDMI Output pilih Set as Defaulf Device.
Jika ingin suara keluar dari laptop maka pilih yang Speaker / HP sebagai pilihan Set as Defaulf Device nya.
Anda juga bisa mematikan suara perangkat yang tidak anda inginkan dengan memilih perangkat yang akan dimatikan dan klik Disable.

Jika perangkat tidak muncul / tersembunyi maka bisa anda unculkan dengan mengklik show Disabled Devices atau Show Disconnected Devices.

Gambar setting melalui Control Panel

2. Dengan Setting pada Icon Speaker 
Langkah atau cara ke dua ini lebih simpel karena tidak perlu lewat Control Panel untuk masuk ke Device Sound. Cukup dengan klik kanan pada icon speaker di bagian bawah kanan kemudian pilih " Volume Control Options "
Maka anda sudah bisa masuk ke Device Sound.
Langkah selanjutnya sama dengan langkah pengaturan Device Sound seperti pada nomer 1 diatas.

Gambar setting tanpa melalui Control Panel


Selamat mencoba, semoga pengalaman kami ini bermanfaat.
Share on Google Plus

About Restsindo

0 komentar:

Post a Comment