10 Agama Tertua di Dunia

10 Agama Tertua di Dunia yang masih bertahan sampai sekarang


Pada postingan kami ini akan mencoba menelusuri tiap - tiap agama di dunia. Kami mencoba untuk menyajikan informasi yang kami peroleh dari berbagai sumber. Harapan kami jika informasi yang disampaikan dari banyak sumber maka informasi dapat semakin bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Walaupun kami sadar bahwa tidak mudah menyaring banyak informasi, itu adalah beban kami. Bagi kami kebenaran tetap sebuah kebenaran walaupun kebenaran itu dilihat dari sudut pandang kebohongan maka akan tampak bahwa kebenaran akan nyata, kami percaya bahwa kebenaran tetap sebuah kebenaran dilihat dari berbagai sudut pandang.
Berikut ini adalah 10 agama di dunia yang kami urutkan berdasarkan perkiraan waktu berdirinya atau menurut ilmu sejarah.

1. Agama Hindu
Perkiraan sekitar 8.000 s/d 7.000 tahun SM. Agama ini merupakan lanjutan dari agama Weda (Brahmanisme) yang merupakan kepercayaan bangsa Indo-Iran (Arya). Berdasarkan pada Empat Weda atau Catur Weda (weda artinya adalah pengetahuan. Memuja banyak dewa-dewi, besar maupun kecil, yang merupakan personifikasi kekuatan-kekuatan alami dari sumber berbeda ( kb.alitmd.com ) menyatakan bahwa Agama ini merupakan lanjutan dari agama Weda (Brahmanisme) yang merupakan kepercayaan bangsa Indo-Iran (Arya). Agama ini diperkirakan muncul antara tahun 3102 SM sampai 1300 SM. Hindu  memiliki kepercayaan bersifat politeisme (memuja banyak dewa). Menurut sumber yang sama mengatakan bahwa kitab-kitab suci Weda yang terdiri dari Reg Weda, Sama Weda, Yayur Weda, dan Atharwa Weda mulai ditulis ketika masuknya bangsa Arya ke India sekitar 1.500 SM. Kami berasumsi bahwa agama Hindu dibawa oleh bangsa Arya sebelum kitab-kitab suci weda ditulis.



2. Yahudi
Perkiraan lahir sekitar tahun 6000 SM, yang dibawa oleh Abram ( Abraham ) anak dari Terah dari Ur-Kasdim ( Kej 11:27-31 ).Abram diutus oleh Allah untuk pergi meninggalkan Ur-Kasdim menuju tanah Kanaan. Peristiwa ini terjadi jauh sebelum bapa- bapa Israel lahir. Jauh sebelum bangsa Israel lahir/ berdiri. Inti kepercayaan penganut agama Yahudi adalah wujudnya Tuhan yang Maha Esa, pencipta dunia. 
Yahudi adalah cikal bakal agama samawi yaitu Kristen dan Islam. Kitabnya adalah Tanakh (Alkitab Ibrani) (24 kitab) Kitab-kitab dalam huruf tebal merupakan bagian dari Ketuvim.

Menurut wikipedia.org menyatakan Kitab Ibrani disebut Tanakh dan terdiri dari 24 buku yang dihimpun dari 3 kumpulan:
Torah atau Taurat (Pentateuch)
Nevi'im (Para Nabi)
Ketubim (Tulisan)



3. Zoroastrianisme 
Agama ini hadir sekitar 1000-500 SM.
Zoroastrianisme adalah sebuah agama yang didasari oleh ajaran dari sang nabi Zarathustra yang juga dikenal dengan nama lain: Zoaster. Konon ia adalah manusia pertama yang pernah mengaku bertemu zat yang lebih besar dari pada manusia dan jagat raya ini. ( bertemu dengan Tuhan ). Zoroastrianisme dahulu kala adalah sebuah agama yang berasal dari daerah Persia Kuno atau kini dikenal dengan Iran. Di Iran, Zoroastrianisme dikenal dengan sebutan Mazdayasna yaitu kepercayaan yang menyembah kepada Ahura Mazda atau "Tuhan yang bijaksana"

Menurut Mary Boyce menyebut tak ada catatan tanggal pasti tentang kapan Zarathustra mulai menyebarkan Zoroastrianisme. Namun menurutnya, nama Zoroaster terdapat dalam dua catatan Yunani kuno, satunya ditulis 6.000 tahun sebelum Plato, lainnya menulis 258 tahun sebelum Aleksander Agung, Sang Raja Makedonia yang tersohor.

Di Azerbaijan, jejak Zoroastrianisme tampak dari bangunan Kuil Ateshgah. Kuil ini berlokasi di desa Surakhany, semenanjung Absheron, atau sekitar 30 kilometer dari Baku, ibu kota Azerbaijan.
Meski usia pasti Zoroastrianisme belum jelas, peneliti memperkirakan keyakinan ini sudah ada sejak 1300-1500 sebelum Masehi, melihat bukti arkeologi dan perbandingan linguistik kitab Hindu, Weda.



4. Jainism
Jainisme adalah sebuah agama dharma. Jaina bermakna penaklukan. Agama Jaina bermakna agama penaklukan. Dimaksudkan penaklukan kodrat-kodrat syahwati di dalam tata hidup manusiawi.
Menurut wikipedia.org Jainisme dibangun oleh Nataputta Vardhamana, hidup pada 559-527 sM yang beroleh panggilan Mahavira yang berarti pahlawan besar. Orang-orang yang mengikuti Jainisme disebut Jain. Tulisan suci Jainisme disebut Jain Agamas dan ada lebih dari empat puluh Jain Agamas. Tulisan suci ini tersedia dalam bahasa Prakrit. Agama ini memiliki dua kategori pengikut, The Shvetambaras dan The Digambaras. Ini adalah agama Dharma dengan khotbah dasar non-kekerasan, hidup setelah kematian, dll.



5. Confucianism
Confucius adalah seorang filosof dunia yang mengajarkan nilai-nilai kebajikan dan moralitas.Masyarakat penganut ajaran nilai-nilai Confucius yang mengutamakan nilai moral (Li)cenderung untuk menyatu dengan alam.
Konfusianisme didirikan oleh Kong Qiu (K'ung Ch'iu) pada tahun 600 SM. Sama seperti Shintoisme, Konfusianisme adalah agama Tao dan terdiri dari sebagian besar populasi dari Asia Tenggara. Para pengikut dikenal sebagai Konfusius dan Konghucu. Ada empat buku besar dari agama ini dan lima buku klasik yang merupakan kitab suci Konfusianisme.



6. Taoisme
Taoisme juga dikenal dengan Daoisme, diprakarsai oleh Laozi  sejak akhir Zaman Chunqiu yang hidup pada 604-517 sM atau abad ke-6 sebelum Masehi. Kitab singkat ( Tulisan Laozi Lima Ribu Kata ) yang berjudul Daodejing itu, untuk selanjutnya menjadi kitab pegangan utama bagi para penganut Daoisme.



7. Budha
Agama Buddha atau Buddhisme adalah sebuah agama nonteistik atau filsafat (Sanskerta: dharma; Pali: धम्म dhamma) yang berasal dari anak benua India yang meliputi beragam tradisi, kepercayaan, dan praktik spiritual yang sebagian besar berdasarkan pada ajaran yang dikaitkan dengan Siddhartha Gautama. Menurut wikipedia Pangeran Siddharta dilahirkan pada tahun 623 SM di Taman Lumbini.
Sehingga sangat aneh menurut kami ketika banyak situs yang menyatakan bahwa agama Budha dikatakan lahir sekitar 2600 SM padahal Siddharta Gautama sendiri sebagai pendiri agama Budha lahir sekitar 623 SM.




8. Shinto
Shinto adalah sebuah agama yang berasal dari Jepang. Dari masa Restorasi Meiji hingga akhir Perang Dunia II, Shinto adalah agama resmi di Jepang. 
Shintoisme didirikan pada tahun 300 SM. Dengan tidak adanya pendiri yang spesifik, orang yang mengikuti agama ini disebut Shinto. Ini adalah bentuk agama Toaic. Agama ini memiliki dua kitab suci yang diketahui, yaitu Nihon Shoki dan The Kojiki, yang ditulis dan diselesaikan pada tahun 712 M.
Shinto (神道 Shintō, secara harfiah bermakna "jalan/jalur dewa") adalah sebuah agama yang berasal dari Jepang. Dari masa Restorasi Meiji hingga akhir Perang Dunia II, Shinto adalah agama resmi di Jepang. Shinto sebagai agama asli bangsa Jepang, agama tersebut memiliki sifat yang cukup unik.( wikipedia.org )





9. Kristen
agama Kristen adalah agama Abrahamik monoteistik berasaskan riwayat hidup dan ajaran Yesus Kristus, yang merupakan inti sari ajalaran adalah "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Dan Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. 
Lahir antara 6 SM-4 SM melalui kelahiran dan kematian serta kebangkitan Yesus. Yesus diyakini sebagai Mesias yang dijanjikan untuk menyelamatkan manusia versi kitab Yahudi. Yesus yang lahir dari seorang perawan dan pada sekitar usia 33 tahun mati di salib dan pada hari ke-3 setelah kematiannya DIA bangkit dan kemudian pada sekitar 40 hari sejak kebangkitannya, naik ke surga.




10.Agnostik
Lahir pada abad 5 SM, namun istilah agnotis sendiri diutarakan pada tahun 1869. Agnostisisme adalah suatu pandangan filsafat bahwa suatu nilai kebenaran dari suatu klaim tertentu yang umumnya berkaitan dengan teologi, metafisika, keberadaan Tuhan.
Agnostik ateisme. Pandangan mereka yang tidak percaya pada keberadaan dewa/Tuhan apapun, tetapi tidak mengklaim tahu apakah dewa itu ada atau tidak ada. Agnostik teisme. Pandangan mereka yang tidak mengaku tahu konsep keberadaan dewa/Tuhan apapun, tetapi masih percaya pada keberadaan tersebut.

=============================

Dan agama agama yang tidak masuk dalam daftar 10 agama tertua di dunia versi kami adalah 

11. Islam
Hadir pada abad 6 Masehi, tepatnya pada pada tahun 622 M. 

12. Sikh:
Agama Sikh bermula di Sultanpur, berhampiran Amritsar di wilayah Punjab, India. Pengasas agama ini ialah Guru Nanak (1469-1539), namun, Kepercayaan Sikh, atau lebih dikenal dengan nama “Khlasa” atau “yang murni” berasal dari agama Hindu, muncul dalam tahun 1699 M 

13.Indigenous:
Lahir sekitar tahun 1970, Indigenous adalah orang-orang, komunitas, dan bangsa yang asli di daerah tertentu. Banyak adat budaya merupakan minoritas yang menonjol dalam masyarakat mayoritas-budaya kebarat-baratan, dan mereka biasanya bermaksud menuju melestarikan, menghidupkan, dan meningkatkan kohesi dan keunikan nilai-nilai tradisional mereka, sosial dan adat istiadat, bersama dengan upaya sungguh-sungguh untuk mengirimkan pengetahuan ini untuk generasi mendatang. Agama Indigenous masih banyak ditemui di kawasan benua Afrika, Amerika dan Asia


Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Agama_Yahudi
https://id.wikipedia.org/wiki/Siddhartha_Gautama
https://www.kaskus.co.id/thread/53019f03becb17172a8b45db/10-urutan-agama-tertua-dan-terbesar-di-dunia/
http://planetlegend.blogspot.com/2016/03/10-agama-tertua-di-dunia.html
https://tirto.id/jejak-agama-tertua-zoroastrianisme-cnm1
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170405174051-269-205215/mengenal-jejak-agama-monoteisme-tertua-dari-kuil-api-ateshgah
http://kb.alitmd.com/sejarah-lengkap-agama-hindu/
https://id.wikipedia.org/wiki/Agama_Hindu
http://studykeagamaan.blogspot.com/2015/12/agama-jainisme.html
http://confucianismcrew.blogspot.com/2008/04/ajaran-spiritual-agama-khong-hu-cu.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Agnostisisme
Share on Google Plus

About htysite

0 komentar:

Post a Comment