BAGAIMANA CARA mengatasi SECURITY CERTIFICATE ERROR aatau SSL pada BLOG dan Situs KITA

BAGAIMANA CARA MENGATASI SECURITY CERTIFICATE ERROR atau Sertifikat Socket Layer ( SSL ) PADA BLOG dan Situs KITA ; Apa penyebab terjadinya error SSL ini.

Seperti biasa kami akan membagikan pengalaman kami menghadapi masalah cecurity certificate error atau sertifikat SSL ( Secure Socket Layer ) atau sertifikat Signing Code pada blog atau website kita .
Pengalaman ini terjadi ketika salah satu blog kami mendapat tanda security certificate yang bertanda error  bertanda i dalam lingkaran seperti gambar dibawah ini :


gambar Security Certificate Error (SSL).

Pada pembahasan ini kami tidak menjelaskan masalah yang disebabkan pada browser tetapi bagaimana cara memperbaikinya dari sisi server blog atau website.
Sebenarnya ini bukan masalah besar karena website atau blog kita masih bisa berjalan dengan normal, tetapi jika ada tanda  peringatan SSL mau tidak mau pengunjung website atau blog kita akan berfikir bahwa informasi yang dia buka tidak aman. 
Jika hal ini tidak diatasi maka seiring dengan semakin kritis dan dewasanya pengunjung dalam mengacsess sebuah situs, maka jumlah pengunjung pada situs kita akan berkurang. Karena faktor keamanan pada situs kita dianggap kurang aman walaupun situs kita sudah aman secara materi artikel maupun sumber beritanya.
Oleh karena ini kami berbagi pengalaman kepada anda para pemilik situs untuk menjaga keamanan situs dengan memasang sertifikat SSL bertanda aman ( tanda gembok terkunci warna hijau pada url).

Terkadang pemasangan sertifikat SSL dapat membuat beberapa error pada situs kita. Tanda bahwa sertifikat SSL telah berfungsi adalah dengan adanya tanda pengaman berupa gembok berwarna hijau yang terkunci, " tanda gembok berwarna hijau yang terkunci " terkadang ada tanda gembok yang terbuka yang berarti jaringan sedang dimata - matai.

Bagaimana cara mengatasi masalah error SSL ini ! tetapi sebelumnya kita harus tahu hal hal yang membuat terjadinya Error SSL ini. Penyebab error SSL karena kita menggunakan konten yang tidak aman, sumber link yang dianggap berbahaya. Atau karena Mixed Content.

Masalah mixed content berarti ada elemen konten yang sudah aman dan ada konten yang belum diamankan di halaman situs kita. 
Maksud aman disini adalah alamat url yang bertuliskan https://; sedangkan alamat url yang kurang aman adalah http://. Alamat URL dengan HTTPS memuat data script yang lebih aman dari HTTP. Sehingga jika masih memakai http:// dianggap tidak aman / mudah di bobol.
Bagaimana cara menampilkan alamat url yang aman (https://), silahkan anda cari informasinya di mesin pencari (mbah google), banyak kok tutorialnya.

Bagaimana cara mengatasi masalah error SSL karena Mixed Content ini !!!! Caranya kami uraikan dibawah ini :

1. Mencari konten campuran tersebut
a. buka source code pada halaman situs kita ( supaya mudah silahkan tekan Ctrl + F dan ketik http:// ---> maka akan muncul link http:// di situs kita baik pada gambar, java script maupun link - link diluar link situs kita.

b.Silahkan ganti http:// dengan https://

Gambar cara merubah source code

Dengan mengganti link tersebut maka masalah error SSL sudah teratasi. Tetapi masalahnya adalah tidak semudah itu karena link http:// jumlahnya banyak sekali. Jika dirubah satu satu akan memakan banyak waktu.

Maka solusinya adalah pada source code HTML :
1.silahkan anda tekan tombol Ctrl + Shift + R secara bersamaan.
2. Ketik yang akan diganti --->(  http:// ) kemudian tekan enter
3. ketik penggantinya --->( https:// ) atau bisa juga dengan hanya (//) kemudian  tekan enter
4. selesai ---> silahkan simpan dan cek url situs anda. Jika langkahnya benar maka akan muncul tanda gembok terkunci warna hijau pada alamat url situs kita.

Dan jika langkah diatas belum berhasil silahkan gunakan tools online. Langkah yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan fasilitas secara online yaitu dengan menggunakan Tools pada Why No Padlock ? , kami sudah mencobanya dan berikut ini hasil uji coba kami.

Gambar hasil pencarian error


Gambar : setelah diperbaiki

Mudah mudahan masalah anda bisa teratasi dengan langkah  langkah yang kami tersebut diatas.
Kami berharap artikel ini bisa bermanfaat dan membatu mengatasi masalah anda.

Share on Google Plus

About htysite

0 komentar:

Post a Comment