SIAPA DAN APA ALLAH ITU ?

SIAPA DAN APA ALLAH ITU ?


Firman-Mu abadi Suluh langkah kami,
yang menerangi jalan hidup kami.

Sepotong syair lagu diatas membuat kami bersemangat kembali untuk menulis di blog ini. Setelah sekian lama kami tertidur kali ini kami ingin mengawali dengan menulis sebuah artikel tentang kata " Allah " - kata " ALLAH " dan kata " allah ".
Diawali dari pencarian kami di kamus Bahasa Indonesia dijelaskan bahwa kata Allah memiliki arti " Ruh yang Maha Sempurna yang menciptakan alam semesta ". Arti kata itu menunjukkan bahwa penulis kamus Bahasa Indonesia adalah orang beriman / orang beragama karena penulis mengartikan sebagai Roh yang Maha Sempurna pencipta alam semesta. Arti kata tersebut juga tidak jelas masih kabur, misalnya Ruh yang mana ? atau Ruh SIAPA ? atau Ruh APA ?  masih tidak bisa dijelaskan. Arti tersebut menantang kami untuk menelusuri lebih dalam lagi arti kata Allah. Kapan pertama kali kata Allah ini di sebut / muncul ? sehingga kata Allah dipercaya sebagai Ruh yang Maha Sempurna yang menciptakan alam semesta. Tentu pencarian kami tidak jauh dari pemahaman kami sebagai orang jawa dimana kami tinggal di Jawa di lingkungan Madura { di Kab. Bondowoso }, kedua orang tua kami orang jawa, kakek - nenek kami orang jawa berdarah Madura. Untuk memudahkan kami kami menelusuri dari sudut pandang kepercayaan 1 TUHAN, 1 ALLAH atau lebih dikenal dengan kata " Monoteisme ". Sehingga penelusuran kami bisa lebih fokus.

Dalam menelusuri ini tentu pertama kami akan melihat dari sejarah, karena pencarian kami adalah kapan pertama kali kata Allah ini diungkapkan. Kami tidak melihat dari sudut pandang kepopuleran kata "Allah" tetapi murni kami melihat dari sudut pandang sejarah. Sejarah tentu tidak lepas dari periode waktu, tentu kami melihat waktu masa lalu (kebelakang). Walaupun kami sadar bahwa terkadang yang pertama disampaikan kalah populer dengan yang terkemudian.
Kata Allah yang dijelaskan oleh situs " https://id.wikipedia.org/wiki/Allah " menurut kami sangat tidak tepat karena si penulis kata Allah di Wikipedia Indonesia hanya melihat dari sudut pandang Islam dan dikatakan bahwa " namun juga telah digunakan oleh Arab Kristen sejak masa pra-Islam " ini menunjukkan betapa sempit pengetahuan penulis. Perlu diketahui Islam adalah agama yang hadir pada abad 6 Masehi, tepatnya pada pada tahun 622 M; Islam adalah agama ke 11 yang telah kami urutkan sesuai waktu seperti tulisan kami sebelumnya ( klik disini ). Jadi jelas tidak bisa menjadi acuan untuk menelusuri kata Allah. Karena kami kesulitan bahan penelusuran maka dengan kami mengambil jalan pintas yaitu dengan menelusuri agama tertua di dunia. Maka pilihan kami jatuh pada agama Yahudi yang hadir sejak 6.000 SM oleh Abraham. Agama Yahudi kami urutkan sebagai agama tertua di dunia no 2 setelah Agama Hindu. Penelurusan kami selanjutnya sudah dijelaskan oleh Situs sarapanpagi.org ( klik disini ) sehingga kami merasa sudah cukup tentang kata Allah atau ALLAH / YHWH (yang diduga kata "YAHWEH") atau Adonay ( Tuhan-ku ). Silahkan baca linknya ( Link 1 atau  link 2  ).

Gambar Ilustrasi " Siapa Allah itu "


Allah atau ALLAH atau YHWH ( dugaan disebut " YAHWEH " ) atau Adonay atau Tuhan atau TUHAN atau YEHUWAH ( dlm bahasa Jawa ) atau elohîm itu siapa atau apa ? untuk memaparkannya tentu saja kembali kita melihat dari sejarahnya yaitu penelusuhan dari sudut pandang agama Yahudi. Hal tersebut akan menunjuk pada Allah Israel yang satu yaitu Allah yang dikenal oleh Adam dan Hawa serta keturunannya ( Set- Enos - Kenan - Mahalaleel - Yared - Henokh - Metusalah - Lamekh dan Nuh ); Allah yang sama yang membuat banjir pada jaman Nuh.  Allah yang sama yang membuat manusia tercerai berai karena DIA mengacaukan bahasa manusia pada peristiwa menara Babel. Allah yang sama yaitu DIA yang memanggil Abraham dan membawa Abraham keluar dari negerinya ( Ur-Kasdim ) setelah peristiwa menara Babel. Sampai pada peristiwa keluarnya bangsa Israel dari perbudakan di Mesir adalah Allah yang sama. Allah yang sama yaitu DIA yang dikenal baik oleh Musa. Allah yang sama yang dimaksud oleh Nabi Yesaya. Allah yang tetap ALLAH sampai masa tua dan memutih rambut manusia yang senantiasa menggendong kita semua dan Allah yang mau menanggung kita semua serta Allah yang senantiasa memikul dan menyelamatkan kita ( Yesaya 46:4). Allah yang sama yaitu BAPA yang dimaksud oleh Yesus Kristus, Allah yang sama yang memberikan "segala kuasa di Surga dan di Bumi " kepada Yesus Kristus setelah kebangkitanNya dari kematian. ( Matius 28 :18 ). Allah yang sama yang telah mengutus Roh Kudus dalam nama Yesus Kristus ( Yohanes 14 : 26 ). 

Secara garis besar sosok Ruh yang Maha Sempurna yang menciptakan alam semesta adalah Allah Israel. Allah yang luar biasa dan Allah yang Maha Dasyat kuasa-Nya. Pertanyaan baru muncul yaitu apakah hanya Allah Israel ? bagaimana dengan belahan bumi yang lainnya ! apakah Allah yang sama ( Allah Israel ) tidak pernah menyatakan dirinya kepada manusia diluar bangsa Israel ? Menurut kami DIA yang adalah Maha Sempurna yang Maha Dasyat Kuasanya pasti pernah berinteraksi dengan manusia lain di belahan dunia ini. Hanya saja kami tidak mengetahui dan tentu tidak sepopuler perjumpaan dan kehadiran Allah dalam peristiwa - peristiwa di Timur Tengah ( Bangsa Israel ) karena peristiwa tersebut di catat ( dituliskan ) sehingga peristiwa yang luar biasa tersebut masih bisa dibaca oleh generasi selanjutnya sampai hari ini.
Sebenarnya sangat jelas sekali bagaimana karakteristik Allah yaitu Ruh yang Maha Sempurna yang menciptakan alam semesta dalam kepercayaan Yahudi dan Kristen.

Siapa dan bagaimana ALLAH itu sudah kami buat pada artikel sebelumnya. Silahkan baca disini.
Share on Google Plus

About Restsindo

1 komentar:

  1. As claimed by Stanford Medical, It is indeed the SINGLE reason women in this country get to live 10 years more and weigh on average 42 lbs less than us.

    (By the way, it has absoloutely NOTHING to do with genetics or some secret exercise and really, EVERYTHING to around "how" they eat.)

    BTW, I said "HOW", and not "WHAT"...

    TAP this link to see if this easy quiz can help you release your true weight loss possibilities

    ReplyDelete