TEKNIK PENGOLAHAN KULIT BUAH MANGGIS [ cara mudah ]

TEKNIK PENGOLAHAN KULIT BUAH MANGGIS

Buah Manggis dengan nama ilmiah Garcinia mangostana L. banyak ditemukan di daerah tropis seperti di Indonesia. Kami yakin sebagian besar penduduk Indonesia pasti kenal dengan buah yang satu ini.
Di daerah kami buah manggis pada bulan April 2020 ini seharga Rp 10.000,- per Kg, itu harga pedagang di tepi jalan. Sehubungan dengan melimpahnya buah manggis di daerah kami maka kami ingin mengajak saudara sekalian untuk memanfaatkan buah manggis ini. Tidak hanya rasa buahnya yang nikmat ( manis sedikit asam ) tetapi sekaligus juga memanfaatkan kulit buah manggis.

 gambar buah manggis dan kulit buah manggis


MANFAAT BUAH MANGGIS DAN KULIT BUAH MANGGIS

Menurut beberapa artikel yang kami baca secara online, tentu saja kami mencari artikel yang dapat dipercaya dan kredibel. Dari informasi tersebut menyebutkan bahwa buah manggis mengandung vitamin C, vitamin B2, folat, magnesium, dan xanthones. Kandungan tersebut dipercaya dapat menurunkan berat badan, dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan yang luar biasanya dapat mencegah penyakit kanker, dapat mengontrol kadar gula darah, dapat meredakan randang sendi. 
Kulit buah manggis yang selama ini hanya kita anggap sebagai sampah ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Kulit buah manggis maupun ekstrak kulit buah manggis mengandung senyawa Xanthone dan mangostin. 
Senyawa Xanthone ini memiliki karakteristik anti diabetus, anti kanker, anti peradangan, bersifat hepatoprotektif, dapat meningkatkan kekebalan tubuh, antiplasmodial, aromatase inhibitor, antibakteri,  antifungi, serta memiliki kemampuan sitotoksik.
Senyawa Mangostin adalah bentuk lain dari senyawa histamin.Senyawa Mangostin memiliki karakter anti inflamasi dan anti oksidan.
Manfaat lainnya dari kulit buah manggis adalah untuk menyehatkan kulit, menyehatkan tulang dan menyehatkan mata, dapat membuang racun dalan tubuh.

Dari sekian banyak manfaat buah manggis dan kulit buah manggis, sering kali kita menjadi bingung bagaimana cara mengolah kulit buah manggis. Pada kesempata kali ini kami ingin berbagi pengalaman dengan saudara sekalian. Kami pernah melakukan beberapa teknik pengolahan kulit buah manggis dari cara mengeringkan kulit buah manggis, mengiris tipis- tipis kulit buah manggis kemudian dikeringkan, dan mengolah kulit buah manggis yang masih basah.
Kulit buah manggis jika dikeringkan hasilnya adalah kulit buah manggis yang keras seperti kayu. Karena kulit yang mengeras setelah dikeringkan, maka timbul kesulitan cara menggunakannya. Sehingga kami mencoba berbagi cara mudah memanfaatkan kulit buah manggis.

CARA MUDAH MENGOLAH KULIT BUAH MANGGIS
1. Siapkan kulit buah manggis, pilih kulit buah manggis yang masih segar

2. Siapkan peralatan berupa tempat untuk menumbuk atau menghancurkan kulit buah manggis segar.

gambar proses penghancuran kulit buah manggis

3. Setelah semua siap maka tumbuk atau haluskan kulit buah manggis. Kulit buah manggis yang masih segar mudah untuk dihaluskan. Cara menghaluskan bisa ditumbuk menggunakan " lumpang " ( bahasa jawa ), atau bisa menggunakan alat lainnya sehingga kulit buah manggis menjadi halus. Setelah kulit buah manggis menjadi halus akan diperoleh hasil kulit yang " Kempel " ( bahasa jawa ) atau berpadu padat berwarna ungu kemerahan.

silahkan lihat gambar dibawah ini


4. Biarkan sekitar 3 s/d 6 jam kulit buah manggis yang " kempel " atau berpadu padat seperti No 3. Setelah 3 sampai 6 jam kulit buah manggis yang telah halus akan berwarna coklat dan agak keras. Silahkan diremas - remas maka akan dihasilkan kulit buah manggis yang hancur atau beremah seperti bubuk.

gambar olahan kulit buah manggis

5. Langkah selanjutnya adalah proses penjemuran. Sebenarnya pada proses no 4 kulit buah manggis sudah seperti bubuk tetapi masih basah.

6. Setelah kering Kulit Buah Manggis siap dimanfaatkan. Bisa untuk minuman atau bisa dimasukkan ke kapsul.



Selamat mencoba dan semoga bermanfaat


Dwi Hartoyo, SP



Share on Google Plus

About Restsindo

0 komentar:

Post a Comment