Hari Wayang Nasional diperingati pada 7 November

Pada tanggal 17 Desember 2018, Pemerintahan Joko Widodo telah menetapkan Hari Wayang Nasional pada 7 November sesuai dengan Kepres RI No 30 tahun 2018. Keputusan Presiden ini ditetapkan sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan kesadaran dan kecintaan masyarakat terhadap upaya - upaya pemajuan wayang Indonesia. Pemerintah melihat wayang Indonesia telah tumbuh dan berkembang menjadi aset budaya nasional yang memiliki nilai sangat berharga dalam pembentukan karakter dan jati diri Bangsa Indonesia.
Penetapan tanggal 7 November sebagai Hari Wayang Nasional juga mempertimbangkan pengukuhan dari UNESCO ( United Nations Educational Scientific and Cultural  Organization ) sebagai lembaga PBB bidang pendidikan, budaya dan pengetahuan yang memasukkan wayang Indonesia ke dalam Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia (Representatiue List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity). Pengukuhan UNESCO tersebut terhadap Wayang Indonesia sebagai wujud pengakuan Internasional yang dapat memberikan dampak positif bagi martabat Bangsa Indonesia dan tentu saja hal ini juga merupakan kebanggaan dan kecintaan masyarakat dunia pada umumnya dan masyarakat Indonesia pada khususnya terhadap Wayang Indonesia.


Kepres No 30 tahun 2018 menetapkan Hari Wayang Nasional pada 7 November. Dalam keputusan Presiden tersebut juga menyatakan bahwa 7 November bukan merupakan hari libur.

Muncul pertanyaan, mengapa memilih tanggal 7 November sebagai hari Wayang Nasional ? 
Menurut Direktur Jendral Pendidikan dan Kebudayaan "Hilmar Farid" seperti yang termuat dalam Tempo.co tanggal 12 Desember 2018 menyebutkan bahwa pada hari Selasa, 11 Desember 2018 menerima perwakilan budayawan dan seniman Indonesia di Istana Merdeka, Penetapan 7 November menurut Informasi dari Hilmar Farid  berasal dari usulan masayarakt, keilmuwan dan penetapan dari UNESCO pada 7 November 2003 bahwa Wayang sebagai warisan budaya dunia. Tanggal penetapan dari UNESCO inilah yang menjadi dasar 7 November sebagai Hari Wayang Nasional. Satu minggu setelah kedatangan perwakilan budayawan dan seniman Indonesia di Istana Merdeka keluarlah Kepres No 30 tahun 2018 tersebut diatas.
Jadi jelas bahwa penetapan 7 November sebagai hari Wayang Nasional berdasarkan tanggal penetapan dari UNESCO yang menetapkan Wayang sebagai warisan budaya dunia.
Share on Google Plus

About Restsindo

0 komentar:

Post a Comment