HAL LUAR BIASA PADA TUBUH MANUSIA sebagai bukti TUHAN itu luar biasa tampak dari organ tubuh manusia... fakta menarik dari organ tubuh manusia


Tuhan menciptakan segala sesuatu dengan sempurna dan luar biasa. Hal luar biasa bisa diketahui dalam diri manusia. Secara ilmu biologi manusia terdiri dari sel- sel, dan sel- sel membentuk jaringan, jaringan membentuk organ.
Hal luar biasa tampak dari ciptaanNya yaitu tubuh manusia. Pada tubuh manusia ternyata terdapat  hal unik yang tidak terdapat pada mahluk lainnya. Hal serupa juga terjadi pada tubuh hewan yang sangat unik yang tidak dapat ditemukan pada manusia. Ini berarti TUHAN itu memang sangat luar biasa, menciptakan segala sesuatu dengan sempurna. Tubuh pemberian TUHAN ini sangat hebat dan sangat luar biasa, untuk itu hendaknya kita senantiasa menjaga dan memanfaatkan tubuh ini untuk hal - hal yang berkenang kepadaNya, bukan malah merusaknya.  TUHAN menciptakan tubuh yang luar biasa ini dengan maksud dan tujuan tertentu.

Kami berharap dengan informasi ini anda bisa semakin bersyukur dan semakin memuliakan TUHAN, TUHAN memang tidak bisa kita lihat atau raba tetapi hasil ciptaanNya bisa menunjukkan keberadaanNya yang luar biasa.
Hal hal luar biasa dibawah ini kami ambil dari berbagai sumber informasi, walaupun kemajuan teknologi yang semakin maju dan modern ternyata manusia masih belum sepehuhnya memahami dan mengetahui tubuhnya 100 %, sebagai contoh pada tahun 2017 ilmuwan baru menemukan organ tubuh manusia berupa selaput, selaput ini terbukti sebagai salah satu tempat terdistribusinya sel kanker. Temuan ini sebagai bukti ternyata manusia belum 100 % memahami tubuhnya sendiri. Manusia masih belum mengetahui batas pengetahuan tentang tubuh manusia. Pada artikel ini kami memberikan informasi tentang beberapa hal yang jarang diketahui tentang tubuh manusia, fakta menarik tentang tubuh manusia sebagai berikut :

1. Kambuhnya penyakit persendian sebagai tanda perubahan cuaca.
Pada jaman dahulu orang memprediksi cuaca akan hujan dengan cara merasakan nyeri pada persendiannya. Penyakit seperti artritis akan kambuh jika cuaca turun 10 derajad yang menyebabkan kekentalan cairan sinovial ( membantu pelumasan ) semakin kental sehingga timbul rasa nyeri pada sendi.

2. Tulang
Tulang merupakan penopang dari tubuh vertebrata. JIka tulang tidak ada maka tubuh manusia tidak dapat tegak berdiri. Tulang pada manusia mulai terbentuk sejak manusia masih dalam kandungan ibunya, proses pembentukan tulang berlangsung terus menerus sampai dekade kedua dalam susunan yang teratur dan berfungsi secara normal.
Tulang tersusun dari dua bahan yaitu Matrik yang kaya mineral sekitar 70 % yaitu Osteoid dan 30 % terdiri dari bahan organik seperti sel Osteoblas, sel osteocyte, sel osteoclast dan osteoid. Osteoid ini termineralisasi oleh deposit kalsium hidrooksiapatit yang membuat tulang menjadi keras dan kuat.
Fakta menarik yang luar biasa dari tulang adalah jika satu blok tulang sebesar korek api ternyata dapat menahan beban sebesar 9 ton. Waw ... sangat luar biasa bukan.



3. Kuku manusia
Kuku merupakan bagian tubuh manusia yang terjadap pada ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel yang lembut dan mati, mengeras. Fungsi kuku untuk melindungi ujung jari yang sensitif dan lebut penuh dengan urat saraf. Kuku merupakan bagian dari tulang yang terdiri dari keratin. Pertumbuhan kuku pada jari tangan salam 1 minggu rata- rata 0,5 - 1,5 mm, pertumbuhan pada kuku jari tangan 4 kali lebih cepat dari kuku pada jari kaki.
Untuk tumbuh sepenuhnya kuku membutuhkan waktu sekitar 3 s/d 6 bulan pada kuku tangan, sedangkan pada kuku kaki membutuhkan waktu 12 s/d 18 bulan untuk tumbuh kembali sepenuhnya.

4. Rambut Yang Sangat Sulit di hancurkan
Rambut merubahan bagian tubuh manusia yang terbukti sulit dihancurkan. Bahan utama dari rambut pada manusia adalah protein yaitu Keratin dan kandungan minyak yaitu melanin. Keratin juga terdapat pada kulit, gigi, kuku pada tubuh manusia. Keratin merupakan protein dari gabungan gugus - gugus peptide ( komponen asam amino).
Dari bahan - bahan tersebut jumlah keratin pada rambut sebanyak 70 s/d 80 % sedangkan kandungan melanin sebanyak 3-6 %; juga pada rambut terdapat zat warna melanin dan pheomelanin yang memberikan pigmen warna lebih muda. Dan komposisi lainnya dari rambut 15 % kelembaban air dan sisanya karbohidrat dan unsur- unsur mineral. Jika dilihat dari komposisi kimiawi dari rambut manusia terdiri dari 44,5% karbon, 30% Oksigen, 14% Nitrogen, 6,5% Hidrogen, 5% Belerang. Unsur- unsur tersebut banyak dalam zat tanduk ( keratin ).
Secara struktur rambut terdiri dari 3 lapisan utama yaitu  selaput rambut ( curticle), kulit rambut ( cortex ) dan sumsum rambut ( medulla ).

Fakta ini tampak pada tubuh mumi yang berusia ratusan tahun bahkan ribuan tahun menunjukkan rambut tidak hancur sedangkan bagian daging dan orot sudah hancur dimakan usia karena berubahan suhu, kelembaban, bahan kimia, perubahan fisika.
Fakta lainnya tentang rambut adalah ternyata seluruh rambut yang tumbuh di kepala seseorang dapat menahan beban sampai 12 ton jika disatukan. Wah sangat luar biasa bukan ..... ternyata dibalik rambut yang indah dan lembut terkandung kekuatan yang dasyat dan luar biasa. Dengan mengetahui fakta ini bukankah TUHAN itu sangat hebat, TUHAN lebih hebat dari segala sesuatu di dunia dan di sorga.
Fakta menarik lainnya tentang rambut adalah bahwa jumlah rambut pada manusia hampir sama dengan rambut pada simpanse hanya saja sebagian besar rambut pada manusia tidak bermanfaat dan tidak tampak ( rambut halus )

5. Matinya 300 juta sel setiap menit
Perlu anda ketahui bahwa setiap menit ( 60 detik ) didalam tubuh manusia telah mati sebanyak 300.000.000 sel. Jika setiap menit ada 300 juta sel yang mati berapa juta sel dalam satu hari yang mati ??? sangat banyak sekali. Tetapi faktanya walaupun banyak sel yang mati tubuh masih bisa beraktivitas ? mengapa demikian ! hal ini terjadi karena secara hampir bersamaan tubuh telah membentuk sel baru sebanyak 10 - 50 triliun sel untuk mengganti sel - sel yang mati tersebut. Bukankah hal ini sangat luar biasa proses produksi sel - sel dalam tubuh kita. Kira - kira apa ada pabrik yang seperti tubuh kita ini ?

Dari sel kulit saja ternyata selama manusia hidup dia telah membuang sekitar 20 Kg kulitnya, dan bersamaan dengan matinya sel kulit juga telah diperbaharui oleh tubuh sehingga terjadi keseimbangan. Bisa anda bayangkan jika sel kulit lebih banyak yang mati dibanding dengan sel yang tumbuh / sel yang memperbaharuinya ? mungkin tubuh manusia tidak memiliki kulit, lapisan otot dan beberapa tulang akan terlihat. Sangat mengerikan jika hal ini terjadi.

Sebuah fakta menarik bahwa pada tubuh manusia dewasa terdapat 7.000.000.000.000.000.000.000.000.000 (7 oktilion) atom yang bersirkulasi. Sebagai pembanding jumlah atom dengan keberadaan alam semesta; alam semesta diperkirakan memiliki sekitar 300 milyar bintang. Kesimpulannya jumlah atom dalam tubuh manusia lebih banyak dari perkiraan jumlah bintang di alam semesta. Bukankah ini hal yang luar biasa ??


6. Manusia masih bisa hidup tanpa organ internal
Sebagian dari kita mungkin masih memiliki anggapan jika kita kehilangan salah satu organ internal kita akan segera mati. Fakta menarik ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar. Manusia akan segera mati jika kehilangan organ jantung, tetapi jika kita kehilangan organ limpa, 1 buah ginjal hilang, 1 bagian paru- paru hilang, dan kehilangan 75 % dari organ hati, atau kehilangan 80% dari usus dan organ lainnya ternyata manusia masih bisa hidup, walaupun tidak bisa beraktivitas secara normal.

7. Tubuh bertambah tinggi saat kita tidur
Fakta menarik menyebutkan bahwa saat kita tertidur tubuh kita tumbuh sekitar sepertiga inchi dikarenakan cakram pada tulang rawan tertekan oleh gaya gravitasi pada saat manusia duduk atau berdiri. Itu sebabnya ketika manusia mulai beraktivitas / mulai bangun, duduk dan berjalan ternyata tinggi badan menyusut kembali pada tinggi semula.

8. Ginjal sebagai penyaring alami
Fungsi utama organ ginjal adalah sebagai pembersih racun dalam tubuh. Fungsi ginjal sebagai penyaring ternyata sangat luar biasa. Didalam 1 buah ginjal terdapat sekitar 1 juta filter / penyaring, dan setiap manusia normal memiliki 2 buah ginjal. Setiap 1 menit ginjal menyaring darah sebanyak 1,3 liter dan mengeluarkan urine sebanyak 1,4 liter dalam 24 jam.
Bisa anda bayangkan jika fungsi ginjal ini terganggu, maka racun - racun dalam tubuh akan menumpuk dan mempengaruhi kerja organ tubuh lainnya.

9. Kecepatan luar biasa saat manusia bersin
Ketika manusia bersin kecepatan saat kita mengeluarkan udara dari hidung dan mulut dengan kecepatan sekitar 100 mil per jam. 1 mil sama dengan 1,6093 Km, sehingga kecepatan kita bersin sekitar 160,93 Km per jam.
Bersin terjadi secara alami terjadi ketika hidung terpapar oleh sebuah rangsangan fisik tertentu seperti debu dan asap yang diteruskan ke otak untuk mengeluarkan debu atau asap yang telah merangsang hidung. Untuk itu disarankan saat anda akan bersin jangan ditahan.

10. Panas tubuh manusia
Secara normal suh tubuh manusia berada pada 36,1 sampai 37,2 derajat celsius. Suhu normal rata- rata orang dewasa sekitar 36,7derajat Celsius. Suhu tubuh ini membantu manusia tetap bertahan hidup.
Fakta menarik ternyata tubuh manusia bisa menghasilkan panas dalam kurun waktu sekitar 30 menit. Jika kondisi ini di bandingkan setara dengan mendidihkan setengah galon air.





11. Manusia banyak menggunakan indra penglihatan
Sebuah fakta menarik menunjukkan ternyata manusia normal ( tidak cacat ) lebih banyak menggunakan indra penglihatan untuk mendapatkan informasi di lingkungannya dibandingkan indra yang lainnya. Sekitar  90 % informasi diperoleh darimata sedangkan 10 % informasi diperoleh dari indra lainnya seperti indra perasa, indra sentuh ( kulit ), indra penciuman, indra pendengar.

Ujung jari manusia sangat sensitif yang bisa membedakan bentuk dari sebuah obyek, tetapi penggunaan indra perasa pada ujung jari hanya kurang dari 10 % saja untuk mendapatkan informasi. Hal berbeda jika dialami oleh orang buta, indra perasa, indra penciuman dan indra pendengaran akan lebih sensitif dibanding orang normal.

Mata dapat mengungkap sebuah rahasia
Ketika kita menyukai seseorang pupil mata membesar. Hal ini terjadi karena syaraf simpatik sebagai pengontrol pelebaran pupil. Hal yang sama jika kita juga melihat hal hal yang menarik perhatian kita. Pupil yang melebar berarti cahaya yang masuk ke mata juga semakin banyak, itu sebabnya ketika kita tertarik pada sesuatu membuat objek akan tampak lebih jelas / lebih tajam.
Fakta menarik menyebutkan bahwa beberapa wanita memiliki kemampuan melihat lebih banyak dari orang lain. Rata- rata orang memiliki kemampuan 3 tipe reseptor mata dalam membedakan warna, sementara beberapa wanita memiliki 4 sampai 5 reseptor sehingga mereka memiliki memampuan membedakan warna lebih baik dari orang lain.

Lingkungan yang dingin secara alami akan membuat tubuh menggigil, tetapi jika lingkungan ekstrim tubuh akan mengalami hipotermia yang parah dapat menyebabkan pembuluh pada mata mengerut sehingga berakibat kebutaan sementara.

Mata manusia sangat sensitif, jika bumi ini datar, maka manusia bisa melihat kelip cahaya lilin dari jarak 50 Km, dan mata manusia mampu memandang jauh. Secara alami manusia sebenarnya bisa melihat sinar ultraviolet. Tetapi kemampuan ini disaring / difilter oleh lensa mata. Sebuah study terhadap orang orang yang menjalani operasi pengangkatan lensa ternyata mereka bisa mendeteksi cahaya ultraviolet.
Otot siliaris pada organ mata bertugas mengatur fokus pada mata, otot siliaris ini dalam satu hari rata- rata bergerak sebanyak 10.000 kali. Kondisi ini setara dengan kita berjalan minimal 80 km dalam satu hari.

12. Panjang pembuluh darah manusia 2,5 kali keliling Bumi.
Tahukah anda berapa panjang pembuluh darah manusia. Panjang pembuluh darah manusia adalah 96.000 km.  Sebagai pembanding keliling bumi sekitar 40.075 Km jika diukur dari garis katulistiwa. Keliling bumi jika pengukurannya rata tengah ( meridian ) maka panjang keliling bumi sekitar 40.007 km. Ini terjadi karena bentuk bumi tidak bulat 100 % tetapi agak lonjong. Jika kita asumsikan bumi berbentuk bulat 100 % dengan jari - jari bumi 6.371 km maka jika menghitung keliling dengan rumus 3,1 x diameter maka diperoleh keliling sebesar 40.054,84 km.
Sedangkan panjang pembuluh darah manusia 96.000 Km , ada beberapa artikel yang menyebutkan bahwa panjang pembuluh darah manusia 100.000 km, dari sini terbukti secara nyata bahwa betapa luar biasanya TUHAN menciptakan manusia, panjang pembuluh darah manusia  ( 1 0rang ) saja sudah 2,5 x panjang keliling bumi. Coba bayangkan jumlah manusia di  bumi digabung berapa panjang pembuluh darah manusia ! jika pembuluh darah manusia digabung bisa jadi bumi akan dilapisi pembuluh darah berlapis-lapis.

Fakta menarik menyebutkan bahwa setiap orang yang berat badannya bertambah 0,5 Kg ternyata pembuluh darahnya bertambah panjang 11 km.



13. Kecepatan Impuls Saraf manusia memiliki kecepatan 400 Km per jam.
Kecepatan gerak saraf manusia dari sumber rangsangan sampai diterima oleh otak memiliki kecepatan 400 Km per jam. Wau betapa cepat saraf manusia merespon sebuah rangsangan,bahkan kecepatan ini lebih cepat dari mobil formula 1. Kecepatan ini terjadi pada tubuh manusia dimana manusia tidak menyadari betapa luar biasanya TUHAN menciptakan manusia.

Dengan kecepatan yang luar biasa itu otak manusia dapat memproses 38.000 triliun data / tugas setiap detiknya. Keadaan ini jauh lebih dasyat dari kemampuan super komputer tercanggih saat ini yang hanya bisa memproses 0,002 % nya saja.  Oleh karena itu Otak manusia mampu membaca sampai 1.000 kata per menit.

Otak manusia menggunakan 20 % dari total oksigen dan kalori yang masuk ke dalam tubuh, padahal berat otak manusia hanya 2% dari seluruh berat badan manusia.

Ketika kita jatuh cinta terhadap lawan jenis tenyata otak melepaskan campuran neurotransmiter dan horman yang mirip depanga amfetamin yang berdampak meningkatnya detak jantung, nafsu makan yang hilang dan susah tidur serta menimbulkan rasa senang / bahagia.

Sel syaraf yang terhubung di otak manusia memiliki struktur yang serupa dengan struktur alam semesta.

Hebatnya kekuatan pikiran dalam mengatasi suhu ekstrim
Dengan bermeditasi dan konsentrasi ternyata tubuh bisa menciptakan kondisi seperti yang diharapkan. Pengaturan nafas sambil membayangkan api pada bagian tubuh tertentu ternyata dapat meningkatkan suhu tubuh secara perlahan. Tubuh membentuk mekanisme tertentu untuk mewujudkan imajinasi yang diproyeksikan.

14. Aroma tertentu dapat mempengaruhi suasana hati.
Apa yang kita cium terkadang disadari atau tidak akan membangun suasana hati tertentu. Lebih - lebih ketika suatu aroma tertentu dapat membangkitkan memori di masa lalu. Misalnya ketika kita mencium aroma durian, memori kita akan membayangkan wajah di dia ?? karena dulu anda dan pacar pernah makan durian berdua sambil bercanda mesra.

15. Dalam 24 jam darah bergerak sejauh 20.000 Km
Darah adalah komponen penting dalam tubuh, fungsi utamanya adalah sebagai pembawa nutrisi, pembawa oksigen, pembawa hormon, pembawa antibodi dan pembawa zat lainnya ke seluruh tubuh. Darah manusia dalam satu hari telah bergerak sejauh 20.000 Km dalam sebuah sirkulasi darah.  Kecepatan darah mengalir 25 s/d 28 cm per detik.
Sistem peredaran darah atau sistem kardiovaskuler merupakan suatu sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari sel. Metode sistem ini ternyata juga membantu stabilisasi suhu dan PH tubuh yaitu bagian hemeostasis.

16. Tubuh manusia menghasilkan cahaya sendiri
Tubuh manusia dapat menghasilkan cahayanya sendiri dan berpendar dalam kegelapan. Tetapi sayangnya cahaya yang dipancarkan tubuh 1.000 kali lebih lemah dari cahaya yang bisa ditangkap oleh mata manusia. 
Cahaya tubuh manusia hanya bisa dilihat oleh alat, dalam dunia supranatural cahaya tubuh pada manusia disebut prana.

17. Sidik Jari manusia berbeda- beda
Setiap sidik jari pada manusia ternyata berbeda satu dengan yang lainnya, keadaan ini juga terjadi pada bayi yang kembar identik ternyata memiliki sidik jari yang berbeda.

18. Organ tangan manusia lebih dominan
Sebuah fakta menarik ternyata organ tubuh yang bernama tangan lebih dominan dalam melakukan aktivitas dibanding dengan organ tubuh lainnya. Fakta menarik lainnya menyebutkan bahwa dari kedua buah tangan ( sepasang tangan ) ternyata memiliki kemampuan yang berbeda atau dengan kata lain salah satu tangan lebih baik daripada tangan lainnya. Menurut kami ini adalah aneh dan menarik untuk diteliti, mengapa manusia tidak memiliki kemampuan yang sama pada kedua tangannya.

19. Mengapa manusia menguap
Jika kita memperhatikan seorang bayi tidak jarang bayi tersebut menguap. Ternyata menyuap adalah kondisi alami tubuh untuk mengatur suhu otak. Ketika manusia kurang tidur atau bosan ternyata mampu menurunkan suhu otak.
Ketika kita menguap ternyata tubuh merespon dengan perasaan tersentak sehingga denyut jantung cenderung meningkat; dan saat kita menguap otot pada mata menjadi tegang. Menguap merupakan respon dari tubuh itu sendiri sebagai wujud menyeimbangkan suhu pada otak.

20. Mengapa dalam tubuh manusia banyak ditemukan bakteri.
Banyak sekali mikroba di dalam tubuh manusia, bahkan jika kita menghimpunnya keberadaan bakteri dalam tubuh membantu menambahkan berat badan manusia. Fakta menarik bahwa bakteri dalam tubuh manusia untuk membantu menyembuhkan luka, membantu proses pencernaan dan melawan penyakit. Ilmu pengetahuan masih belum mengetahui secara pasti mengapa bakteri - bakteri yang jumlahnya banyak hidup di sana.
Fakta menarik di daerah pusar manusia ternyata terdapat ribuan bakteri;bakteri - bakteri ini bahkan telah membentuk ekosistem yang sepadan dengan hutan hujan tropis.
Bahkan ada pernyataan yang menyatakan sekitar 90 % dari sel yang membuntuk tubuh manusia adalah jamur dan bakteri. Sebagian ilmuwan percaya bahwa sel manusia pada awalnya adalah jamur dan bakteri.

Apendiks atau umbai cacing pada usus yaitu organ tambahan pada usus buntu ternyata merupakan sebuah rumah dari bakteri baik yang melindungi tubuh. Tetapi ilmu pengetahuan masih mencari tahu fungsi dari apendiks atau umbai cacing pada usus buntu.

21. Telinga manusia memiliki kemampuan unik
Telinga adalah organ tubuh untuk mendengar. Ada hal menarik dari telinga yaitu kemampuan telinga sebelah kanan dan sebelah kiri ternyata berbeda. Telinga sebelah kanan ternyata memiliki kemampuan dalam melacak pembicaraan. Jika anda ingin mendengar suara temanmu ditengah - tengah kebisingan maka silahkan coba sendengkan telinga kananmu untuk melacak suara teman yang anda cari. Sedangkan kemampuan telinga sebelah kiri untuk menikmati keindahan sebuah lagu. Silahkan anda coba sendengkan telinga kiri jika anda ingin memdengarkan musik dari pusat perbelanjaan, karena telinga sebelah kiri lebih dominan untuk menikmati suara. Perbedaan ini terjadi karena setiap belahan otak memiliki respon yang berbeda terhadap sesuatu.
Tubuh memiliki 5 indra seperti pendengaran, penglihatan, penciuman, perasa dan peraba; ternyata manusia juga memiliki 15 indra lainnya yaitu keseimbangan, pengaturan suhu, respon terhadap rasa sakit, respon terhadap haus, kenyang, lapar, sesak dll.
Ada hal unik lainnya yaitu jika tenggorokan anda terasa gatal coba garuk- garuk telingamu, ternyata dengan menggaruk telinga dapat meredakan rasa gatal pada tenggorokan.  Saat anda menggaruk telinga ternyata saraf di telinga akan membuat reaksi terhadap otot sehingga otot akan berkedut. Hal ini ternyata yang membuat tenggorokan gatal menjadi reda. Unik bukan organ tubuh manusia.


22. Menangis
Ternyata dengan menangis mampu meredakan stress dan dapat mengurangi perasaan sedih atau dapat meredakan amarah. Sebagian orang mencurahkan segala kegalauannya dengan menangis dan ternyata memang benar bahwa dengan menangis dapat melegakan kepenatan.
Menangis secara umum pasti mengeluarkan air mata dari kelopak mata kita. Fakta menarik ternyata mata memproduksi air mata sesuai dengan suasana hati, sebuah penelitian membuktikan bahwa struktur air mata saat sedih, air mata bahagia dan air mata karena terkena bawang merah jika di lihat dibawah mikroskop memiliki struktur yang berbeda. 
Sangat menarik bukan tubuh manusia ini, ini sebagai bukti bahwa TUHAN memang luar biasa menciptakan manusia dengan sempurna, semakin kita kenal tubuh kita semakin kita bisa merasakan betapa luar biasanya ALLAH yang telah menciptakannya.

23 Usus manusia
Manusia memiliki usus sebagai tempat menyerap sari- sari makanan dan media penghubung dengan anus untuk mengeluarkan kotoran yang tidak bermanfaat melalui Buang Air Besar ( BAB ). Dalam usus terdapat usus halus dan usus besar. Fakta menarik dari bagian usus adalah panjang dari usus halus bagi orang dewasa panjangnya 22 meter. Panjang usus besar manusia dewasa sekitar 5 meter.
Usus halus yang panjangnya 22 meter ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu Duodenum ( berbentuk melengkung seperti tapal kuda ), Jejunum ( berbelok-belok ), Ileum. Fungsi usus halus untuk menyerap nutrisi dan mineral dalam makanan yang kita makan. Setiap hari usus halus menerima cairan antara 6-12 liter.
Usus besar terbagi dalam 4 bagian yaitu sekum, kolon, rektum dan anus. Fungsi utama usus besar adalah menyerap air dan elektrolit sisa pencernaan dan menyimpan kotoran hasil pencernaan dan nantinya akan di buang melalui anus saat kita BAB.
Luas usus manusia jika dibentangkan sekitar 1.296 m2 luas ini hampir sama dengan 2 x luas lapangan tenis. Dari luas tersebut sebesar 250 m2 adalah luas serap usus kecil. Dan anehnya luas yang begitu lebar dapat masuk kedalam perut yang luasnya jauh lebih kecil.

Fakta menarik bahwa sepanjang umur manusia, usus telah memproses lebih dari 50 ton makanan dan cairan. Dan pada era modern ini sekitar 90 % penyakit pada manusia disebabkan oleh usus yang kotor dan tidak berfungsi dengan normal. Untuk itu disarankan agar manusia mencuci usus agar merasa 20 tahun lebih muda, tetapi bagaimana metode mencuci usus yaitu dengan pengaturan pola makan dengan makan makanan berseratberupa buah dan sayuran, makan sayur berdaun hijau, banyak minum air putih ( 13 gelas sehari untuk pria dan 9 gelas sehari bagi wanita ), hindari alkohol, Batasi asupan produk olahan susu, Minum secangkir kopi atau teh,Konsumsi makanan fermentasi serta berolah raga secara teratur.
Ketika penuh ternyata perut mampu menampung 0,95 sampai 1, liter makanan dan cairan dan membutuhkan waktu 4 jam untuk mencerna makanan dan meneruskannya ke usus kecil. Waktu yang diperlukan untuk melalui usus kecil membutuhkan waktu 2 jam dengan kecepatan rata-rata 0,002 mil per jam, dan didalam usus besar proses pencernaan membutuhkan waktu sekitar 14 jam dengan kecepatan 0,00007 mil per jam.
Di dalam usus terdapat 100 miliyar mikroorganisme ( mikroflora ) yang hidup dalam sistem perncernaan manusia. Mikroorganisme ini berperan membantu penguraian makanan agar makanan mudah diserap oleh tubuh. 

24. Asam Lambung yang Dasyat
Di dalam organ tubuh lambung, mengeluarkan zat yang luar biasa yaitu asam lambung. Asam lambung ini sangat kuat bahkan bisa menghancurkan logam, seperti zat seng dapat dilarutkan oleh asam lambung. Tetapi dengan keberadaan asam lambung ternyata tidak merusak organ lambung maupun organ - organ tubuh lainnya. Hal ini terjadi karena lapisan di dalam lambung dan organ tubuh lainnya akan segera memperbaharui dirinya untuk mencegah asam lambung merusak bagian - bagian tubuh lain.

25. Hati manusia
Hati ternyata merupakan organ tubuh manusia terbesar ke-2 setelah organ kulit. Bentuk organ hati ini seperti bola sepak dengan berat sekitar 3 Kg.
Setiap makanan atau minuman akan melewati hati untuk memproduksi zat yang dibutuhkan tubuh. Hati mengubah protein, lemak dan karbohidrat menjadi energi atau zat yang dapat disimpan tubuh, dan sisa zat yang tidak dibutuhkan dikirim ke empedu. Hati juga mengatur gula darah, membantu pembekuan darah, dan membuang sel-sel yang tua dan rusak di dalam tubuh.
Fakta menarik lagi tentang hati adalah bisa tumbuh kembali, bahkan jika hati kita dipotong 1/3 bagian atau dipotong 2/3 bagian maka bagian yang tersisa bisa tumbuh kembali dalam waktu 6-8 minggu.



26. Paru- Paru
Paru - paru adalah penopang manusia untuk bernafas. Paru- paru terdiri dari pembuluh darah kecil yang disebut kapiler. Di dalam Paru - paru ada sekitar 300 juta kapiler. Yang luar biasa dari paru - paru sebagai tempat pertukaran oksigen dengan karbon dioksida adalah jika kapiler pada paru - paru di sambung satu dengan lainnya ( 300 juta kapiler ) menjadi satu maka panjang kapiler tersebut sejauh 1500 mil jauhnya. Sangat panjang bukan .......


Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

About Restsindo

0 komentar:

Post a Comment